Kamus DotA
Kamus istilah-istilah yang ada di DotA.
A
Agi atau Agility
Animation Cancelling atau AAC
AoE atau Area of Effect
Armor
Armor Type
Armor Value
Arrow Ability
Attack Animation
Attack Range
Attack Speed (AS) dan IAS
Attribute
Aura
Auto-Cast
Auto-Engage
Avatar
B
Backdoor atau BD
Bash
Blink
C
Carry
Casting Animation
Casting Range
Casting Time
Channeling
Chaos (damage type)
Cleaving Attack
Cooldown
Corruption
Creep
Critical Strike
Cyclone
D
Damage
Damage Over Time atau DOT
Damage Per Second atau DPS
Deny
Disable
Dodge
Double Damage Rune
E
Early Game
EHP atau Effective Hit Points
Ensnare
Entangle
Exp atau Experience
F
Farm
Feedback
Fog of War (FoW)
Fountain
G
Gank, Gangbang, Ganking (Ngebokong )
Gold
H
Hit Points & HP Regen (HP)
Haste Rune
Hero
Hex
I
Illusion/Image (a.k.a Fake/Bayangan)
Illusion Rune
Immolation
Initiator
Intelliigence
Interrupt
Nanti disambung lagi..
SIlahkan kalau ad yang mau ditambah atau dikoreksi...
:)
A
Agi atau Agility
Agility Adalah satu dari 3 atribut dalam dota yang menambahkan 1/7 Armor, 1% IAS, dan +1 damage untuk hero agi, hero agi adalah hero yang memiliki primary atribut agility, hero2 ini biasanya memiliki sedikit hp dan damage yang besar di late game.
Animation Cancelling atau AAC
adalah tehnik dalam dota yang menyetop animasi saat hero sedang melakukan serangan, meng-cast spell tanpa menunggu animasi itu selesai.
beberapa tehnik untuk melakukan Animation cancelling adalah :
- Tekan S (Stop) untuk menghentikan animasi
- Menggerakan hero dengan menekan klik kanan ke sembarang tempat
- Memakai item yang membuat hero bergerak
- Menggerakkan hero untuk menyerang saat cast spell
- Menggerakkan hero untuk meng-cast spell lain saat casting spell.
AoE atau Area of Effect
AoE adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan efek radius suatu attack(serangan) atau spell yang memiliki efek area.
Armor
Armor adalah pertahanan pada unit terhadap serangan2 physical
ada 7 tipe armor yaitu : Light, Medium, Heavy, Fortified, Normal. Hero, Unarmoured
Armor Type
Berikut adalah beberapa tipe armor dan besar pengurangannya terhadap tipe attack
Light Med Heavy Fort Norm Hero Unarmoured
Chaos = 1.00 1.00 1.00 0.40 1.00 1.00 1.00
Normal= 1.00 1.50 1.25 0.70 1.00 0.75 1.00
Pierce = 2.00 0.75 1.00 0.35 1.00 0.50 1.50
Siege = 1.00 0.50 1.25 1.50 1.00 0.63 1.30
Hero = 1.00 1.00 1.00 0.50 1.00 1.00 1.00
Spells = 1.00 1.00 1.00 1.00 1.00 0.75 1.00
Armor Value
Cara menghitung Pengurangan damage dari Armor adalah sbb.
pertama lakukan pengurangan sesuai dengan tabel tipe armor, lalu gunakan rumus ini untuk menghitung Damage (armor*0.06) / (1+0.06*armor)
untuk Penambahan damage dari negatif armor adalah : Damage*(2 - 0.94^(-armor))
Arrow Ability
Arrow Ability Adalah skill2 hero yang bisa di Auto-Cast (klik-kanan), bila diaktifkan akan mengubah efek serangan hero dan memberikan damage/men-slow musuh.
Saat dalam auto-cast skill ini dianggap sebagai serangan Normal dan tetap stop apabila di silence.
Beberapa skill Arrow Ability adalah :
Drow Ranger - Frost Arrow : memberikan efek slow
Bone Fletcher - Searing Arrow : damage tambahan ke unit dan building
Sacred Warrior - Burning Spear : damage api terus-menerus
Silencer - Glaive of Wisdom : Bonus damage sesuai intellegence silencer
NetherDrake - Poison Attack : Slow dan damage over time
Enchantress - Impetus : bonus Damage tergantung jarak lawan
Obsidian Destroyer - Arcane Orb : damage tergantung sisa mana
Attack Animation
Attack Animation adalah Animasi hero untuk melakukan serangan, contohnya crystal maiden mengangkat tongkat lalu mengarahkannya ke-target, baru efek serangan keluar, dan kembali ke pose semula
Attack Range
Attack Range adalah jarak dimana hero dapat melakukan serangan, ada 2 jenis attack range yaitu Melee, dan Ranged
Melee : Serangan ini mengharuskan hero mendekati targetnya sebelum menyerang
Ranged : Serangan tipe ini dapat menyerang dari jarak mulai dari 140(lanaya) sampai 770(kardel), memiliki chance untuk miss 25% Saat melakukan tembakan keatas
Attack Speed (AS) dan IAS
Attack speed adalah jumlah serangan yang dapat dilakukan hero per detik, nama lainnya adalah IAS singkatan dari Increased Attack Speed, Semakin banyak attack speed maka akan makin besar damage yang bisa dilakukan per detiknya.
Catatan :
- Tidak seperti Attack Cooldown, Attack speed dihitung dalam N% dimana N adalah besaran IAS-nya
- Setiap agility menambahkan 1% Attack Speed, ada juga yang memberikan attack speed secara langsung spt. Glove of haste, Hyperstone, dan Oblivion Staff
- Bonus Attack Speed stack secara linear
- Attack speed maksimum adalah 400%(4) sedangkan minimum adalah -80%(-0.8)
Cara Menghitung
Attack Speed Unit per-detiknya dapat dihitung dengan rumus (1+IAS)/(BAT), dimana BAT adalah Base Attack Time, untuk BAT hampir semua hero besarnya 1,7 dengan beberapa pengecualian
* Alchemist di level 1 Chemical Rage - 1.45 seconds
* Alchemist di level 2 Chemical Rage - 1.35 seconds
* Alchemist di level 3 Chemical Rage - 1.20 seconds
* Anti-Mage - 1.45 seconds
* Lone Druid True Form - 1.6 seconds
* Lycanthrope Wolf Form - 1.4 seconds
* Sacred Warrior - 1.6 seconds
* Soul Keeper - 1.5 seconds
* Soul Keeper Metamorphosis - 1.6 seconds
* Troll Warlord Melee Form - 1.55 seconds
* Vengeful Spirit - 1.77 seconds (www.dota-allstars.com)
Attribute
Adalah 3 Stat/Attribute dasar hero
Strength : 1 STR memberikan 19 HP dan 0.03 HP Regen
Agility : 1 AGI memberikan 1/7 Armor dan 1% Attack Speed
Intellegence : 1 INT memberikan 13 mana dan 0.04 Mana Regen
Primary Attribute hero menambahkan 1 Damage Setiap stat itu ditambahkan
Aura
Adalah buff area pasif yang memberikan efek kepada unit, Hero, Creep, pada spesifik AoE. ada Aura Positif dan Aura Negatif
Auto-Cast
Autocast adalah penggunaan skill/spell yang tidak perlu digunakan secara manual. dapat diaktifkan dengan meng-klik kanan suatu spell, spell yang dapat di autocast biasanya ditandai dengan "golden border", bila diklik kanan maka akan di tandai dengan cahaya yang berputar2 menandai bahwa skill tsb akan di cast oleh komputer. beberapa tipe Autocast adalah sbb.
Attack Modifiers : Spell yang akan mengubah efek serangan bila di autocast
Negative Buffers : Spell yang meninggalkan negative buff pada musuh yang diserang saat diautocast
Positive Buffers : Spell yang akan memasang positive buff pada teman, positive buff akan dipasang saat kita akan melakukan serangan/diserang dan target unit ikut melakukannya juga
Self-Affecting Buffers : Spell ini akan dipakai pada saat khusus, contohnya : Phase-Shift bekerja saat puck akan terkena serangan, Morph pada Morphling akan bekerja terus menerus sampai di non-aktifkan
Summon : Akan dipakai langsung saat bisa dipakai
Auto-Engage
Meng-Auto Engage musuh berarti membiarkan unit untuk memilih target sendiri tanpa menekan attack ke target tsb.
Avatar
Avatar adalah skill yang memberikan efek untuk magic-immune sementara waktu
Skill/Item effect ke unit yang avatar/immune
Magic Immune / Spell Immune
Magic immunity adalah keadaan dimana suatu hero kebal terhadap magic, dan tak dapat ditarget oleh beberapa skill, aura tetap memberikan efek pada unit magic-immune.
Efek magic-immune
Beberapa skill bisa meremove magic-immune , seperti purge dari diffusal blade. tapi ada pengecualian dalam magic-immune yaitu ; unit yg magic immune tetap bisa ditarget dengan skill ultimate.
Contohnya :
Rupture : Unit dengan BKB bila di rupture maka efek akan tetap ada tapi damage tidak ada
Stone Gaze (medusa) : Unit dengan BKB akan tetap kena efek dan juga efek slownya
Omnislash : Unit kena damage Omnislash (Omnislash tipe damage Physical) dan oleh sebab itu Karena Avatar hanya anti tehdp magic damage unit tetap terkena efek omni
Freezing Field : Unit tidak terkena Damage karena Frost Nova tipe damage magical. Dan juga tidak terkena slow karena yg di cast adalah bukan dari Rylai melainkan komputer (dummy unit)
Laguna Blade/Finger : Unit tetap bisa ditarget dan ada visual efek petir tapi tidak terkena damage
Overgrowth : Unit dengan BKB tetap terkena efek Entangling Roots dan tidak bergerak. tetapi tidak terkena damagenya
Ampilfy Damage : Efek Faerie Fire tetap mengenai target BKB
Mungkin bila dijelaskan satu2 ngga selesai2 nantinya mudah2an cukup membantu
B
Backdoor atau BD
Adalah taktik untuk menyerang bangunan, barrack, atau tower musuh tanpa creep, banyak orang beranggapan BD adalah tidak adil, dan terkadang dilarang di beberapa turnamen atau liga.
Beberapa Hero yang cocok untuk BD adalah : Clinkz, Naga Siren, Terrorblade
Bash
Bash adalah Efek pasif yang memberikan chance untuk melakukan stun dan mendapat bonus damage.
Ranged Bash : Physical damage
Melee Bash : Magical damage
Illusion Bash : Apabila ilusi melakukan bash maka target akan terkena fake bash dimana animasi stun tetap ada tapi tidak ada damage, akan tetapi apabila unit yang terkena fake bash mendapatkan real bash maka real bash akan memperpanjang waktu fake bash dan tidak memberikan damage apapun. dan jika unit terkena fake bash setelah real bash maka fake bash akan memperpanjang real bash dan ada damagenya.
Stacking Bash : cara menghitung bash adalah 1 - ((1 - A)*(1 - B)*(1 - C))
Blink
Adalah skill untuk berpindah dari satu tempat ke tempat terdekat lain secara cepat, blink juga ada pada skill Furion dengan 3 detik casting time
Catatan :
- Blink memiliki jarak minimum dan maksimum, bila dibawah minimum akan ada error message, bila diluar maksimum maka Kamu hanya akan blink ke 4/5 jarak dari titik yang kamu klik.
- Blink memberikan efek pada target yang kita tuju, dengan memencet S maka animasi akan tetap ada tapi kita tidak berpindah (furion)
- Blink dapat digunakan untuk menghindari beberapa missile bertarget (hellfire storm/magic missile)
C
Carry
Carry adalah istilah yang digunakan didalam dota untuk menunjuk pada hero yang berbahaya di game2 yang berlangsung lama, Carry Heroes dapat melawan satu team full dengan item yang tepat, pada early game mereka hanya perlu farm, hero carry membutuhkan hero tipe support untuk mempercepat proses item mereka
Casting Animation
Seperti attack animation, saat menggunakanspell hero akan melakukan animasi beberapa tahap sebelum akhirnya bergerak semula lagi
Casting Range
Adalah jarak yang dibutuhkan hero untuk menggunakan spell ke target
Casting Time
Adalah waktu yang diperlukan suatu hero untuk menggunakan suatu skill sebelum skill tsb. benar2 memberikan efeknya, apabila hero di stun saat proses maka casting spell akan gagal, mana tidak berkurang, dan skill tidak cooldown
Channeling
Adalah prosedur dimana hero harus tetap dalam posisi channeling untuk melakukan spellnya, karena itu hero channeling sangat rentan dengan interupting spell, bila diiterrupt maka channeling akan berhenti
Chaos (damage type)
Chaos damage menyerang full damage (100%) ke semua tipe armor, kecuali bangunan (40%)
Cleaving Attack
Cleaving attack adalah pasif ability yang memberikan damage ke unit disekitar target utama
Catatan :
- Tipe damage Cleave adalah pure, dihitung langsung dari unit yang menyerang dan target utama
- Ranged Hero tidak bisa melakukan cleave
- Cleave tidak memberikan efek Full terhadap orb effect, Membeli EoS takkan menyebabkan unit di area cleave terkena frost (efeknya hanya kena ke target utama)
- Unit di AoE cleave tidak bisa menghindari efek cleave, apabila target utama menghindar maka tidak akan terjadi cleave.
- Cleave stack dengan berapapun item cleaving atau skill cleaving yang dimiliki
Cooldown
Cooldown adalah waktu yang diperlukan suatu unit untuk dapat menggunakan spell itu lagi
Corruption
Adalah Negatif Buff pasif yang dapat mengurangi armor target yang diserangnya, Orb Effect dari Item Stygian Desolator
Creep
Creep adalah Computer-Controlled unit yang ada di Sentinel/Scourge/hutan.
Creep juga bisa di katakan sebagai verb, dengan arti hunting-creeps
Creep spawn(muncul) tiap 30 detik, apabila barrack dihancurkan maka creep akan lebih kuat, apabila 6 barak dihancurkan maka akan menjadi Mega Creep
Critical Strike
Critical Strike adalah skill pasif yang memberikan bonus damage yang berasal dari perkalian damage hero/unit, saat critical strike keluar maka akan muncul angka merah dimana itu adalah besarnya damage critical.
Catatan
- Damage critical untuk Block Damage (Vanguard, kraken, Return, BM,dll) adalah damage sebelum mendapat Critical dan sebelum dikurangi armor target.
- Critical bisa Lifesteal dan Cleave
- Angka merah adalah damage sebelum armor reduction
- Critical Strike dari ranged units akan di block oleh linken sphere
Stacking
Damage dari Critical tidak bisa stack, tapi chancenya bisa dengan rumus sama dengan bash.
Cyclone
Cyclone adalah skill yang apabila di cast ke hero musuh akan memberikan efek terbang ke udara, dalam posisi ini target tidak dapat melakukan apa-apa dan invulnerable
Catatan : Hero dalam posisi ini tetap bisa di Meat Hook
D
Damage
Damage adalah aspek paling penting dalam DotA, damage adalah jumlah hp yang dapat dikurangi oleh unit/hero dengan menyerang atau menggunakan spell ke target
Damage bisa di tambah dengan persentase ataupun langsung, apabila dengan persentase maka damage yang diambil adalah damage base dan bonus dari prim attribut
Damage Over Time atau DOT
Damage over time atau DOT adalah damage yang terjadi selama beberapa interval, biasanya unit yang terkena akan mendapat BUFF dari DOT itu. (Contoh : Shadow Strike, Burning Spear, Poison Nova, Viper Strike, Battle Hunger, dll)
Damage Per Second atau DPS
Damage per second atau DPS adalah damage yang bisa dilakukan hero per satuan second (detik), dengan D/T=X
D = Damage
T = Waktu (sec)
X = DPS
Deny
Deny adalah membunuh creep teman yang memiliki sedikit sisa hp (50% or below). Denied Creep akan memberikan 66% exp ke melee heroes dan 33% ke ranged heroes. Tower juga dapat di deny untuk menghindari musuh mendapat banyak gold, tower dapat di deny dengan 10% HP.
Hero yang terkena efek DOT dapat di deny saat hpnya 25%
Disable
Disable adalah efek skill yang membuat hero untuk sementara waktu tidak dapat menyerang, cast spell, atau bergerak, beberapa tipe Disable seperti Stun, Ensnare, Silence, Shackles, Hex
Dodge
Dodge adalah menghindari/ngeblock attack/damage, tidak mendapat damage sama sekali dari serangan, Dodge terdiri dari beberapa Variable yaitu Evasion, Miss, Terrain Advantage dan PsuedoEvasion
Cara penghitungan Dodge adalah sbb.
Code:
P = 1 - (1 - E) * (1 - M) * (1 - T1) * (1 - T2)
Dimana :
P = Kemungkinan Dodge
E = Evasion
M = Kemungkinan Miss lawan
T1 = Terrain Advantage (25%)
T2 = Psuedo-evasion
Evasion : Evasion adalah kemampuan suatu hero untuk menghindari suatu serangan. Contoh, Blur, Mortred, talisman,dll
Miss : Miss adalah kemungkinan suatu hero untuk gagal dalam serangannya, untuk menghitung total miss gunakan 1 - (1 - A)*(1 - B)*(1 - C), contoh Blind- Troll
Terrain Advantage : adalah tipe dodge ke 3 yang hanya berlaku pada ranged hero yang menyerang ke terrain lebih tinggi (besarnya tetap 25%)
Psuedo-evasion : adalah skill ngeblock yang mengheal target setelah terkena damage Contoh Backtrack- Darkterror
Double Damage Rune
Menambahkan 100% damage yang berasal dari Base damage dan bonus dari primary attribute selama 45 detik.
E
Early Game
Adalah Waktu dimana game masih di awal2, Gold dan Level masih sedikit
EHP atau Effective Hit Points
EHP atau Effective Hit Points adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya damage yang dapat diterima unit setelah ditambahkan dengan semua jenis damage reduction. besarnya EHP tergantung pada HP dan Armor target
dimana rumus EHP adalah EHP = HP*(1 + (0.06*A)
dimana A adalah armor, 1 armor akan menambahkan 6% dari hp ke ehp
Ensnare
Ensnare adalah skill aktif yang menjebak suatu unit untuk tetap ditempatnya
Catatan :
- Unit yang di ensnare tidak dapat blink, tapi jika bisa (misalnya Leap), maka unit akan berhenti di tempat unit tersebut pindah
- Ensnare akan menghentikan spell yang sedang di channel atau cast tetapi unit yang ter-ensnare tetap bisa melakukan cast atau channel di dalam posisi ensnare
- Ensnare bisa menarget Magic Immune dan Unit yang terbang.
Entangle
Entangle adalah skill aktif yang bekerja untuk menghentikan pergerakan musuh dan membuat musuh tak dapat bergerak.
Catatan :
- Entangling Roots menghasilkan magical damage, tapi bisa mengikat unit Magic immune. Unit yang terkena entangle bisa melepas 'ikatannya' dengan menggunakan skill magic immunenya.
- Unit yang terkena entangling tetap bisa menggunakan spell. Tidak bisa melakukan blink, kecuali Blink strike.
- Channeling spell atau Casting spell akan digagalkan saat terkena entangle
- Entangle menghentikan pergerakan dan blink, apabila unit bisa bergerak dengan suatu skill, maka unit akan berhenti ditempat perhentian skill tsb
Exp atau Experience
Exp atau experience adalah faktor penting dalam DotA, Mendapatkannya akan membuat hero naik level dan menjadi lebih kuat. Misalnya untuk mencapai level 7 kamu harus mengumpulkan 2600 Exp, level 8 sebanyak 3200 Exp dan untuk mencapai Level 9 dibutuhkan 4400 Exp.
Catatan :
- Exp akan diberikan dari unit yang mati ke Hero yang ada di 1000 AoE dimana unit itu mati.
- Exp di-share dan dibagi2 ke semua hero dalam jarak 1000 AoE
- Dengan Bloodstone kamu akan mendapatkan Exp di tempatmu terakhir mati
- unit persuade chen memberikan Exp normal, Enchant dan Dominator akan dikurangi.
- Ward tidak memberikan Exp
- Bangunan memberikan 25 Exp, Fountain tidak
- Unit yang di deny akan memberikan 36/n Melee hero dan 18/n Range hero dimana n adalah jumlah unit disekitar 1000 AoE
- Unit yang di deny dengan death pact, dark ritual, conversion tidak memberikan exp sama sekali
F
Farm
Farm adalah membunuh creep dan neutral dengan tujuan mendapat gold dan level dengan cepat
Tehnik sangat berguna dalam Farming adalah Last Hit, Dimana Hero menunggu Creep sampai darahnya sedikit dan menyerang disaat serangan terakhir.
Farm juga lebih cepat dengan skill AoE, Cleave, dan Radiance
Feedback
Feedback adalah skill pasif yang mengurangi mana musuh dan men-damage sebesar mana yang dikurangi tsb.
Catatan :
- Orb Effect
- Feedback dari diffusal blade men-damage sebesar 1 poin per mana yang hilang, akan tetapi Mana burn dari Magina dan Necronomicon mendamage sebesar 0.6 per mana yang hilang, tipe damage physical.
Fog of War (FoW)
The Fog of War adalah analogi untuk fog/kabut/tempat gelap yang ada dimap yang tidak terjangkau oleh sight range dari unit teman.
Fountain
Fountain adalah bangunan paling penting didalam DotA yang memberikan regenerasi sangat tinggi, dan menyerang unit musuh yang mendekat ke fountain
Stats
- 50000 HP
- 800 Attack Range
- 190 - 199 Chaos Damage
- 0 Fortified Armor
- Memberikan 4% Hp/s dan 4% +7 Mana/s regeneration
- 0.15 BAT
G
Gank, Gangbang, Ganking (Ngebokong )
Gank adalah melakukan serangan secara beramai2 dan tiba2, biasa dilakukan saat Early-Mid Game dengan beberapa tujuan :
- Memperlambat proses hero carry musuh
- Mendapat gold dan exp
- Ganking hero yang sendirian untuk push lane setelahnya
Gold
Gold adalah mata uang didota, digunakan untuk membeli barang2 yang berguna dalam game, hero carry membutuhkan banyak gold untuk item mereka sedangkan hero support seperti Jakiro tidak terlalu membutuhkan item dan high-level player biasanya membeli Ward untuk support
Starting Gold
-Saat game dimulai tiap tim mendapat 4265 gold dan dibagi menurut jumlah player
- Memilih hero akan mengurangi gold sebesar 250 gold, -random tidak
- me-repick akan mengurangi 150 gold, dan pada -ar ato -tr mengurangi 400 gold
Gaining Gold
- Gold bertambah 1/0.875
- Membunuh Creep/Neutral
- Membunuh Hero
- First Blood (200 Gold)
- Last hit Building/tower
- Saat tower dihancurkan tim 200/240/280/320
- Tim Membunuh Roshan akan memberikan 200 gold
- Menjual Resep akan mendapatkan 3/4 dari harga
- Dengan Menggunakan beberapa skill (Eg : Midas, Devour, Track, Goblin's Greed
Losing Gold
- Unit yang membunuh mendapatkan 200 + 9 * Level + 50 * (Streak - 2) gold
- Gold yang hilang saat mati = 30 * |Hero level|
- Harga untuk membeli hero yang mati (buy Back) = 150 + 50*Lvl
H
Hit Points & HP Regen (HP)
Hp adalah representasi numerik dari kemampuan hidup sebuah unit, HP Regen adalah kemampuan menyembuhkan HP per satuan waktu, setiap unit memiliki base HP Regen 0.25 dan ditambahkan 0.03 per STR
Haste Rune
Menambah MS (MOvement SPeed) hero sebesar 100% selama 25 s
Hero
Adalah unit utama dalam DotA yang memiliki tujuan utama untuk menghancurkan bangunan utama Musuh (TWT/TFT), Hero memiliki 3 Basic Skill dan 1 Ultimate (kecuali Invoker) dan +2 att skill, hero mendapat Exp dengan membunuh lawan, dan mendapat gold dengan me-last hit unit
Hex
Hex adalah skill aktif yang dapat mengubah suatu unit menjadi bentuk lain
Catatan :
Unit yang di hex:
* Jumlah armor tidak berubah, HP, Mana, Regen tetap sama, dan bebrapa skill pasif masih aktif
* Tidak dapat menyerang atau menggunakan spell
* Tidak bisa menggunakan item.
* Tidak bisa menonaktifkan / mengaktifkan skill seperti Rot (Pudge) dan Armlet of Mordiggian.
* Movement Speed diturunkan menjadi 100.
* Skill Damage reduction seperti Kraken Shell dan Vanguard dinonaktifkan.
* Menggagalkan Channeling spell
* Aura tetap aktif
* Buff tetap bekerja.
# SKill pasif yang dihentikan oleh Hex
* Evasion (kecuali Pseudo-Evasion).
* Rikimaru Permament Invisibilty.
* Broodmother's invisibility di web.
dll
[Lihat datanya di Guide Lion :D]
#Skill yang tidak terpengaruh saat terkena Hex:
* Counter Helix Axe's.
* Tiny Creggy Eksterior.
* Centaur Warchief's Return, Blademails,dll
# fakta menarik tentang Hex:
* Untuk mode -mi (Mini Heroes) . Setelah terkena hex dan kembali normal, ukuran hero itu menjadi ukuran 'Normal' nya sampai dia mati.
* Morphling bisa nge-replicate unit yang di hex.
* Kalau Nerubian weaver di hex saat Shukuchi aktif, maka dia tetap mendapat Maksimum MS.
* Hex meng-off kan Mana shield medusa. Dia harus mengaktifkannya lagi setelah normal.
* Hero yang warnanya berbeda saat di hex antara lain Bane -> Ungu, Nevermore -> hitam, Viper -> Hijau, Lich -> Biru,
* Kalau pudge terkena Hex saat RoT aktif, dia akan kehilangan HP per detik tapi tidak berefek ke musuh disekitarnya. Hal yang serupa terjadi pada ulti LeshracT.
* Unit Terbang yang terkena Hex akan tetap terbang (dalam bentuk Hex/ayam)
* Hex Tidak akan meremove Aphotic Shield, hanya menghilangkan animasinya aj.
* Kalau VOljin terkena hex saat Heal aura nya aktif, mana nya akan dikurangi per detik tapi tidak menghasilkan regen termasuk setelah normal kembali. Dia harus meng-Off kan dulu kemudian mengaktifkannya lagi untuk mendapat efek normal.
* Kalau Hex digunakan ke Ilusi atau unit yang disummon, akan langsung membunuhnya. Kecuali unit yang punya resistance skin seperti spirit bear.
# Hex bisa di block oleh Linken's Sphere.
# Purge Diffusal Blade meremove Hex
I
Illusion/Image (a.k.a Fake/Bayangan)
Illusion adalah sebuah duplikat/copy dari suatu hero atau unit dimana copy itu spawn/muncul, Copy ini tidak memiliki skill aktif, menerima damage lebih besar dan men-damage lebih kecil dari yang asli. Digunakan untuk mengecoh lawan, Menambah damage yang kalian hasilkan dan lain2. Illusion memiliki warna biru apabila dilihat oleh teman agar mereka dapat membedakan yang asli dan yang palsu.
Tambahan
Ilusi mendapat bonus dari
* Stat bonus items. (Ironwood Branch)
* Critical Strike (Crystalys). hanya efek criticalnya bukan tambahan Damagenya.
* Evasion (Butterfly)
* Movement speed item (Boots of Speed, Eul's Scepter of Divinity, Phase Boots)
* True Sight (Gem of True Sight)
* Radiance burning aura (Radiance)
* Item yang langsung menambah HP (Vitality Booster)
* Item yang langsung menambah Mana (Energy Booster)
* Heal Mekans (aktif)
* Arcane Ring (aktif)
* Nathrezim Buckler (aktif)
Ilusi TIDAK mendapat bonus dari
* Item yang langsung menambah Damage (Sacred Relic)
* Item yang langsung menambah Armor (Chainmail)
* Item yang langsung menambah Regen (Ring of Health)
* Increased Attack Speed percent (Hyperstone)
* Lifesteal (Mask of Death)
* Frost Attack (Eye of Skadi)
* Chain Lightning (Maelstrom)
* Cleave (Battle Fury)
* Maim (Sange)
* Ministun (Monkey King Bar)
* Corruption (Stygian Desolator)
* Return (Blademail)
* Damage block (Stout Shield)
* Magic resistance (Planeswalker's Cloak)
* Spell Block (Linken's Sphere)
* (Aura), Kecuali movement speed dari Endurance Aura (Yasha) dan Damage Aura (Radiance)
Skill yang diterima Ilusi
* Untouchable
* Permanent Invisibility
* Spirit bear Spell Damage Reduction
* Blade Dance
* Craggy Exterior
* Auto Fire
* Moon Glaive
* Take Aim
* Drunken Brawler
* Great Fortitude
* Marksmanship
* Jinada
* Spell Shield
* Feral Heart
* Corrosive Skin
* Sadist
* Blood Bath
* Counter Helix
* Desolate
* Coup de Grace
* Juxtapose
* Phantom Edge
* Chemical Rage
* Critical Strike
Skill yang bekerja secara aneh pada Ilusi
- Bash pada Illusion (dijelaskan pada bagian bash)
- Feedback, Hanya bekerja pada ilusi melee, ranged ilusi hanya memberikan animasi tapi tidak ngeburn mana.
- Fury Swipes. Ilusi tidak bisa menambahkan bonus, tapi mereka mendapat bonus dari bonus yang sudah ada
- Grow, Hanya damage yang bertambah, pengurangan AS dan ukuran model tidak berpengaruh
- Goblin's Greed, Setiap ilusi memiliki angka sendiri
- Return, menghasilkan 5/10/15/20 physical damage
- Dragon's blood, Armor bonus bekerja, hp regen tidak
- Blur, hanya evasion yang bekerja (tidak transparan)
- Flash heap, tidak bisa menambah str, magic resist tetap
- Empowering Haste, Damage bekerja, bonus movement aura tidak
- Frostmourne, Tidak men-slow, buff-placer bekerja
- Necromastery, Image mulai dari 0 souls, bila membunuh mereka mendapatkan poin hijau, tapi soul tetap 0
- Backstab, Hanya animasi, tidak bekerja
Illusion Rune
Membuat ilusi dari hero dengan 50% attack dan 300% received damage, mengikuti segala peraturan ilusi
Immolation
Skill aktif yang menghasilkan damage ke area sekitar langsung setelah di cast, menghisap mana pemakainyan tiap detik (kecuali butcher, menghisap hp). ada beberapa hero di DotA yang memiliki skill ini
Rot, Pudge
Pulse Nova, Tormented Soul
Initiator
Initiator adalah hero yang bertugas untuk membuka/memulai gank/war, biasanya dengan skill AoE disable atau stun, ataupun hero yang punya spell area berbahaya. Seorang initiator harus men-disable sebanyak mungkin hero, dan untuk itu mobilitas dan jarak juga dibutuhkan. Hero Inittiator sebaiknya mendekati musuh menggunakan dagger atau lothar untuk mempermudah.
Intelliigence
Adalah 1 dari 3 Atribut, setiap INT memberikan +13 untuk Maksimum Mana dan +0.04 untuk mana regeneration dan +1 damage untuk hero dengan primary attribut INT, hero dengan primary atribut INT disebut juga "Intelligence Hero" atau "Hero int", pada umumnya memiliki sedikit hp, menghasilkan damage lebih besar dari spell, dan sangat berbahaya di Early game
Interrupt
Menghentikna/ menggagalkan casting spell musuh (Raigor akan men-cast fissure mengangkat tangannya sebelum mengeluarkan fissure), Unit yg akan menyerang tetapi belum selesai casting animationnya, Unit yg sedang melakukan Channeling akan digagalkan saat di-interrupt. Unit channeling yang digagalkan channelingnya akan kehilangan mana, dan skillnya delay.
Ada 15 Cara untuk melakukan interrupt :
* Stun (e.g. Storm Bolt)
* Entangling Roots (e.g. Overgrowth)
* Ensnare (e.g. Ensnare)
* Silence (e.g. Global Silence)
* Soul Burn (e.g. Bloodrage)
* Aerial Shackles (e.g. Dismember)
* Hex (e.g. Voodoo/ Guinsoo's Scythe of Vyse)
* Cyclone (e.g. Eul's Scepter of Divinity)
* Sleep (e.g. Song of the Siren)
* Doom (e.g. Doom)
* Taunt (e.g. Taunt)
* Command (e.g. Berserker's Call)
* Pause (e.g. Chronosphere)
* Displace (e.g. Dark Rift}
Full List Interrupt
* Aftershock, Earthshaker - 0.3 / 0.7 / 1.2 / 1.5 seconds Stun
* Assassinate, Dwarven Sniper - <>Items
* Cranium Basher - 1.1 second Stun
* Eul's Scepter of Divinity - 2.5 seconds Cyclone
* Guinsoo's Scythe of Vyse - 3.5 seconds Polymorph
* Monkey King Bar – 0.01 second Stun
* Orchid Malevolence - 5 seconds Soul Burn
Nanti disambung lagi..
SIlahkan kalau ad yang mau ditambah atau dikoreksi...
:)
Description:
Reviewer: Unknown
Rating: 4.0
ItemReviewed:
Reviewer: Unknown
Rating: 4.0
ItemReviewed:
Tidak ada komentar: